Selasa, 28 Februari 2017

Destinasi Wisata di Timur Tengah

Destinasi Wisata Timur Tengah 


  1. Laut Mati
Laut Mati biasa disebut juga dengan The Dead Sea. Namanya kedengaran seram, kan? Akan tetapi tidak seperti namanya yang terdengar mengerikan, Laut Mati sebenarnya adalah danau asin yang memang membentang di daratan dan bukanlah laut. Karena danau yang satu ini  luasnya sampai dengan 76 km (panjang) serta lebar 16 km maka disebut dengan laut. Danau asin yang berada di antara dua negara yaitu Yordania dan Israel ini letaknya 420 meter di bawah permukaan air laut. Ini belum jadi lokasi terendah permukaan bumi.
Untuk lokasi yang paling rendah dipegang oleh Palung Mariana. Keadaan Laut Mati saat ini sudah mengalami pendangkalan dikarenakan kurangnya pasokan dari Sungai Jordan. Kadar garam yang terkandung di Laut Mati begitu tinggi sehingga jika anda menceburkan diri ke dalam danau asin tersebut, tidak akan tenggelam. Anda akan mengambang tanpa perlu berenang, bahkan anda dapat mengapung sembari membaca buku! Menurut beberapa cerita yang beredar, kadar garam Laut Mati sampai dengan 31,5% (9 kali kadar garam pada lautan normal yang hanya 3,5%).
Hal ini memungkinkan semua benda yang dimasukkan ke dalamnya akan mengambang. Di Laut Mati tak ada ikan hidup, bahkan jika airnya terkena mata akan terasa pedih. Akan tetapi lumpur Laut Mati mempunyai khasiat tersendiri bagi kaum wanita yaitu berfungsi sebagai lulur penghalus kulit. Zat lain yang terkandung dalam Laut Mati antara lain adalah magnesium, bromium, dan kalium.
  1. Gua Ashabul Kahfi
Gua Ashabul Kahfi merupakan lokasi di mana pernah ada 7 orang pemuda serta seekor anjing yang telah mendapatkan petunjuk untuk beriman pada Allah dan tertidur selama lebih dari 300 tahun. Kisah mereka yang kemudian melarikan diri dari Raja Dikyanus yang kejam ini ada dalam Al-Quran yaitu Surat Al-Kahfi. Gua tersebut letaknya ada di Perkampungan Al-Rajib atau di dalam Al-Quran tertulis dengan Perkampungan Al-Raqim.
Apabila anda menempuh perjalanan dari Kota Amman yang ada di Yordania, jaraknya kurang lebih 2 km. Berita terakhir yang terdengar adalah bahwa Raja Yordania yang bernama Raja Abdullah II telah meresmikan masjid dan ma’had yang letaknya di depan Gua Ashabul Kahfi, masing-masing bernama Masjid Gua Ahlul Kahfi dan Ma’had Da’wah dan Dai.
  1. Madaba
Kota yang mempunyai julukan Kota Mosaik ini banyak memiliki mosaik di situs-situsnya yang bersejarah. Salah satu temuan yang paling berharga adalah peta menampilkan mosaik Yerusalem dan Holy Land yang sudah ada sejak abad ke-6. Tak jauh dari Madaba ada tempat yang termasuk lokasi wisata spiritual. Yang pertama adalah Gunung Nebo (lokasi yang disebut-sebut ada makam Nabi Musa), untuk yang kedua adalah Mukawir (lokasi John The Baptist dipenggal atas perintah Raja Herod Antipas). Daya tarik yang lain ada dibagian tenggara Madaba yaitu air panas Ma’in Hot Springs. Dipercaya bahwa airnya berkhasiat untuk kesehatan dan telah dipakai untuk pengobatan sejak zaman kekuasaan Roma.
Sejarah Madaba mengatakan Madaba lahir di jaman perunggu, bahkan kota Madaba dikatakan sempat menjadi kota perbatasan. Selama kekuasaan Romawi dan Bizantium, kot Madaba meruapakn kota bagian dari Provinsi Saudi yang saat itu dirikan oleh kaisar Romawi.

sumber; http://tempatwisataunik.com/wisata-dunia/wisata-asia/tempat-wisata-di-yerusalem

Tidak ada komentar:

Posting Komentar